Wednesday, April 25, 2012

Teruslah Berdiri Teguh


renungan ini dikutip dari buku "Your Best Life Now" karya Pastor Joel Osteen.


Firman Tuhan berkata, " Saat engkau sudah melakukan segala sesuatu yang engkau ketahui, teruslah berdiri teguh." ("Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu." -Efesus 6:13). Anda mungkin sedang berada dalam suatu keadaan di mana Anda telah melakkan yang terbaik hari ini. Anda telah berdoa, anda telah percaya, anda telah menaruh iman anda dengan teguh pada kebenaran firman Tuhan. Tetapi tampaknya seolah-olah tidak ada yang sedang terjadi. Sekarang anda tergoda untuk berkata, "Apa gunanya? Ini tidak akan pernah berubah!"


Jangan menyerah! Teruslah berdiri. Teruslah berdoa; teruslah percaya; teruslah berharap dalam iman. "Jangan buang keyakinanmu," satu terjemahan Alkitab mengatakan, "Besar upah yang menantinya." Tuhan akan memberikan upah kepada anda jika anda mau tetap berdiri dalam diri anda. Anda mungkin ada di rumah sakit, atau sedang berbaring tergeletak di rumah. Bahkan jika anda tidak dapat berdiri secara jasmani, tidak ada apapun yang dapat mencegah anda berdiri dalam diri anda. Penyakit itu mungkin telah membuat anda rubuh secara jasmani, tapi anda tidak perlu rubuh secara rohani atau emosional. Anda dapat terus bangkit berdiri dalam hati, pikiran dan kemauan anda.


Mungkin anda bekerja di sekitar orang2 yang selalu merendahkan anda, salah memperlakukan anda, berusaha membuat anda merasa buruk tentang diri sendiri. Biarlah pembicaraan sampah itu masuk ke dalam satu telinga dan keluar dari telinga lain. Mereka mungkin berusaha menjatuhkan anda dari luar, tetapi mereka tidak dapat menjatuhkan anda dari dalam diri anda. Jangan biarkan orang2 itu mencuri sukacita anda. Jangan biarkan masalah atau kesukaran itu membuat anda menjadi putus asa atau depresi. Tetaplah berdiri dalam diri anda.


Sebelum menjadi raja Israel, Daud dan orang-orangnya sedang keluar berpatroli satu hari, sedang melakukan apa yang Tuhan perintahkan. Tetapi sementara mereka sedang pergi, beberapa perampok menyerang kota mereka. Para perampok itu membakar runtuh rumah-rumah, mencuri harta kekayaan mereka, dan menculik wanita dan anak-anak. Saat Daud dan orang-orangnya kembali, mereka sangat hancur. Mereka meratap sampai tidak dapat meratap lagi. Tetapi sementara Daud duduk di sana sambil memperhatikan asap dan abu, ia membuat keputusan yang mengubah tujuan hidupnya. Ia terpukul jatuh dari luar, tetapi ia memutuskan bahwa ia akan bangkit berdiri dalam dirinya. Dan roh pemenang itu mulai bangkit dalam dirinya. Daripada hanya duduk-duduk diam sambil berkabung, Alkitab berkata bahwa Daud "mendorong dan memperkuat dirinya sendiri dalam Tuhan." Dengan kata lain, ia bangkit berdiri dalam dirinya. Ia berkata kepada para pengikutnya, "Ambillah perlengkapan senjatamu lagi, kita akan menyerang musuh." Dan mereka melakukannya. Sementara Daud dan para pengikutnya bertahan, Tuhan secara ajaib menolong mereka untuk mendapatkan kembali segala sesuatu yang telah dicuri dari mereka.


Anda mungkin sedang duduk-duduk saja sambil menunggu Tuhan mengubah keadaan anda. Nanti anda akan bahagia, nanti anda akan mempunyai sikap baik, nanti anda akan memberikan pujian kepada Tuhan. Tetapi TUhan sedang menunggu anda untuk bangkit berdiri dalam diri anda. Saat anda melakukan bagian anda, Ia akan mulai mengubah segala sesuatu dan bekerja secara menakjubkan dalam kehidupan anda.


Sahabatku, keadaan-keadaan anda adalah sasaran perubahan tiba-tiba, juga, khususnya saat anda mulai berdiri dalam diri anda. Saat anda menghadapi kesukaran, jangan menjadi orang yang cengeng. Jangan menjadi seorang yang suka mengeluh. Jangan bergelimpang dalam rasa mengasihani diri sendiri. Sebaliknya, milikilah sikap seorang pemenang. Dengan pertolongan Tuhan, anda dapat bangkit berdiri kembali dalam diri anda. Anda harus meperlihatkan kepada musuh bahwa anda lebih bertekad dibanding dia. Berteriaklah keras-keras jika anda harus, "Aku akan berdiri dalam iman bahkan jika aku harus berdiri seumur hidupku! Aku tidak akan menyerah dan menerima keadaan biasa-biasa saja. Aku akan terus percaya untuk yang terbaik. Aku akan terus berdiri dalam diriku tidak peduli berapa lama pun dibutuhkan!"


Tuhan ingin anda menjadi seorang pemenang, bukan seorang yang cengeng. Tidak ada alasan bagi anda untuk selamanya hidup di bawah keadaan-keadaan, selalu depresi, selalu putus asa. Tidak peduli seberapa seringnya anda terpukul jatuh, teruslah bangkit berdiri lagi. Tuhan melihat keputusan anda. Ia melihat tekad anda. Dan saat anda melakukan segala sesuatu yang dapat anda lakukan, itulah saat Tuhan akan melangkah ke dalam dan melakukan apa yang tidak dapat anda lakukan.

No comments:

Post a Comment