Friday, April 13, 2012

Alasan Rahasia Mengapa Pria dan Wanita Bertengkar

Pembahasan di blog patsystory kali ini seputar pria dan wanita.
Tulisan ini diambil dari sebuah buku berjudul "Men are from Mars and Women are from Venus" dari John Gray, ph.d dan cukup membantu situasi kalian para pasangan yang kurang memahami satu sama lain sehingga muncul pertengkaran.

Alasan rahasia mengapa pria bertengkar:
alasan tersembunyi (AT):
1. "Aku tak senang kalau dia marah karena hal sepele yang kulakukan atau tidak kulakukan. Aku jadi merasa dikecam, ditolak, dan tidak diterima."
Yang dibutuhkan pria agar tidak bertengkar (YD):
1. Pria harus merasa diterima sebagaimana adanya. Sebaliknya ia merasa si wanita sedang berupaya memperbaikinya.

2. (AT): "Aku tak suka kalau dia mulai mengatakan bagaimana aku harus mengerjakan ini-itu. Aku tidak merasa dikagumi. Aku jadi merasa diperlakukan seperti anak kecil."
  (YD) : Pria merasa perlu dikagumi, sebaliknya ia merasa diremehkan.

3. (AT): "Aku tak suka kalau dia merasa terluka oleh ucapanku. Aku jadi merasa dicurigai, tidak dipahami dan disingkirkan."
   (YD): Pria merasa perlu diterima dan dipercayai, tapi ia malah merasa ditolak dan tidak diampuni.

4. (AT): " Aku tak suka diharapkan dapat membaca pikirannya. Aku tak bisa melakukannya dan aku jadi merasa tidak becus."
   (YD): Pria perlu merasa disetujui dan diterima, tp ia malah merasa gagal.



Alasan mengapa wanita bertengkar:
1. (AT) : "Aku tak suka kalau ia meremehkan perasaan atau permintaanku. Aku jadi merasa ditolak dan tidak penting."
   (YD) : Wanita perlu merasa dibenarkan dan disayangi, sebagai gantinya ia merasa dihakimi dan diabaikan.

2. (AT): " Aku tak suka kalau ia lupa melakukan hal2 yang kuminta, kemudian aku kedengerannya seperti merengek-rengek. Aku rasanya seperti mengemis dukungannya."
   (YD): Wanita perlu merasa dihormati dan diingat. Sebaliknya ia malah merasa dilupakan dan ditaruh di bagian paling bawah pada daftar prioritas pria.

3. (AT): "Aku tak suka dia menyalahkanku kalau aku marah. Sepertinya aku harus sempurna untuk dapat dicintai. Aku tidak sempurna."
   (YD): Wanita ingin pria memahami mengapa ia kecewa dan ia perlu yakin bahwa dirinya masih dicintai dan tidak perlu sempurna. Sebaliknya ia merasa tidak aman untuk menjadi dirinya sendiri.

4. (AT): "Aku tidak suka kalau ia menjelaskan mengapa aku seharusnya tidak sakit hati, risau, marah atau entah apa lagi. Aku merasa diremehkan dan tidak didukung."
   (YD): Ia perlu merasa dibenarkan dan dimengerti. Sebaliknya ia merasa tidak didukung, tidak disayang dan malah dibenci.


Yapphh... sekiranya beberapa cuplikan dari buku ini dapat membuka wawasan kita sebagai pria dan wanita agar sedikit demi sedikit dapat memahami satu sama lain.
Have a bless day!
God Bless You!

2 comments:

  1. Yup, emang bener Pat (:
    Makanya kita harus belajar saling memahami dan saling menerima apa adanya. Jangankan pria dan wanita, biasanya yang sesama jenis aja juga bisa beda pendapat kan.. hehe. Jia you! Gbu.

    ReplyDelete
  2. Paaatt,, blog lw jg keren. Rapi n berisi gtu :) Udah ku follow n link jg ya. have a nice day Pat. LG

    ReplyDelete